Chery Hit 5 Million Export: Tegaskan Kepemimpinan Global Berbasis Teknologi dan Naik 152 Peringkat di Fortune Global 2025-image
press release
15 August 2025

Chery Hit 5 Million Export: Tegaskan Kepemimpinan Global Berbasis Teknologi dan Naik 152 Peringkat di Fortune Global 2025

Jakarta, 15 Agustus 2025 – Chery Group kembali menorehkan prestasi besar di panggung otomotif global. Dalam daftar Fortune Global 500 yang dirilis pada 29 Juli 2025, Chery berhasil melonjak ke posisi ke-233. Posisi ini naik sebanyak 152 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan signifikan ini menjadi bukti nyata atas kekuatan daya saing Chery yang terus tumbuh secara konsisten. Pencapaian ini pun terasa semakin istimewa karena dirayakan bersamaan dengan tonggak sejarah baru dengan total ekspor kumulatif kendaraan Chery kini telah melampaui 5 juta unit, menjadikannya produsen otomotif asal Tiongkok pertama yang berhasil menembus angka tersebut.

Kombinasi dari dua pencapaian ini yaitu masuknya Chery ke jajaran 500 perusahaan terbesar dunia dan rekor ekspor kendaraan menjadi simbol kesuksesan strategi jangka panjang perusahaan. Pada semester pertama tahun 2025 saja, Chery mencatatkan penjualan global sebanyak 1,26 juta unit, mempertahankan posisinya sebagai eksportir mobil nomor satu dari Tiongkok. Sementara itu, penjualan kendaraan energi baru (NEV) Chery tumbuh sebesar 98,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menunjukkan keunggulan baik dari sisi skala maupun kecepatan pertumbuhan. Dengan lebih dari 17 juta pengguna di lebih dari 120 negara, jejak global Chery semakin kuat dan luas.

“Lonjakan 152 peringkat dalam daftar Fortune Global 500 dan capaian ekspor lebih dari 5 juta unit merupakan sebuah kebanggaan dan prestasi besar bagi Chery pada 2025 ini. Pertumbuhan signifikan pada penjualan global kami khususnya pada kendaraan energi baru, didukung oleh inovasi teknologi seperti Chery Super Hybrid yang kami kembangkan secara mandiri. Dengan kehadiran di lebih dari 120 negara, kami tidak hanya menghadirkan kendaraan yang efisien, bertenaga, dan aman, tetapi juga membuktikan komitmen terhadap keberlanjutan dan inklusi teknologi Chery bagi dunia.” tutur Rifkie Setiawan, Head of Brand & Marketing Department PT Chery Sales Indonesia.

Keberhasilan Chery dalam menghadirkan teknologi unggulan seperti Chery Super Hybrid (CSH) tidak lepas dari komitmen jangka panjang perusahaan dalam membangun kapabilitas teknologi secara mandiri selama hampir tiga dekade. Dimulai pada tahun 1997, Chery memulai pengembangan mesin tanpa cetak biru, paten, maupun dukungan rantai pasok. Dengan semangat inovasi dan keberanian menghadapi tantangan, Chery kemudian menjalin kolaborasi strategis dengan mitra global seperti AVL Austria, yang berpuncak pada peluncuran mesin NEF1 pada tahun 2005 sebagai powertrain pertama yang sepenuhnya dikembangkan sendiri. Tonggak sejarah ini menjadi fondasi kuat bagi lahirnya teknologi CSH, yang kini merepresentasikan puncak inovasi dan komitmen Chery dalam pengembangan teknologi otomotif berkelanjutan.

Teknologi Chery Super Hybrid (CSH) diperkuat oleh mesin generasi ketujuh Chery dengan efisiensi termal hingga 48% dan menjadi yang tertinggi di kelasnya secara global. Pencapaian ini menghasilkan perpaduan optimal antara efisiensi konsumsi bahan bakar, performa tinggi, dan tingkat kebisingan yang rendah, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan menyenangkan. Untuk memastikan keandalan dan kualitas jangka panjang, Chery telah melakukan uji jalan sejauh 12,5 juta kilometer, serta membangun delapan pusat penelitian dan pengembangan (R&D) global dan jaringan produksi cerdas di berbagai negara.

Lebih dari sekadar menghadirkan inovasi teknologi, Chery mengedepankan filosofi “Inklusi Teknologi” yang menghadirkan teknologi energi terbarukan dan fitur keselamatan berstandar bintang lima agar dapat diakses oleh lebih banyak kalangan, tidak terbatas hanya pada segmen kendaraan premium. Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai langkah strategis, termasuk membuka akses terhadap paten teknologi hybrid miliknya, serta menjalin kolaborasi dengan mitra global seperti Bosch, AVL, dan institusi pendidikan ternama seperti Nanyang Technological University (NTU) Singapura. Guna memastikan standar keselamatan dan performa tertinggi, Chery juga telah menginvestasikan lebih dari 150 juta yuan untuk membangun fasilitas uji tabrak paling lengkap di Asia, serta melakukan pengujian ekstrem di enam lingkungan berat, mulai dari kondisi suhu panas dan dingin ekstrem, permukaan jalan bergelombang, hingga pengujian pada kecepatan tinggi.

Adapun di kancah internasional, Chery semakin menunjukkan ketangguhannya. Di Asia Tenggara, lini kendaraan Chery Super Hybrid (CSH) Chery mendominasi pasar Malaysia, Indonesia, dan Vietnam. Di Eropa, strategi “In Europe, For Europe” diwujudkan melalui peluncuran seri produksi lokal TIGGO CSH di Polandia dan Yunani. Reputasi global Chery juga semakin kokoh berkat berbagai pengakuan prestisius. Dalam laporan Top 50 Chinese Global Brand Builders 2025 yang dirilis oleh Google dan Kantar, Chery berhasil meraih peringkat tertinggi di kategori otomotif. Tak hanya itu, Chery juga menjadi satu-satunya produsen mobil yang masuk dalam daftar Forbes China Sustainable Development Industrial Enterprisesmenegaskan komitmennya terhadap pertumbuhan berkelanjutan.

Dengan landasan teknologi yang kokoh, komitmen terhadap kualitas global, dan visi keberlanjutan yang progresif, Chery terus membuktikan dirinya sebagai pemimpin dalam transformasi industri otomotif. Teknologi hybrid serba-guna Chery kini hadir untuk memenuhi beragam kebutuhan mulai dari kendaraan keluarga, petualangan, hingga penggunaan harian. Lebih daripada itu, ketika fitur keselamatan bintang lima menjadi standar universal bagi jutaan pengguna, Chery menjadikan filosofi “Safety, for Family” bukan sekadar janji, melainkan kenyataan yang bisa dirasakan oleh semua kalangan dimanapun mereka berada bersama Chery.

Produk Populer

Siaran Pers Lainnya

Chery Meriahkan Rangkaian GIIAS 2025, Perkuat Segmen Premium SUV di Kota Semarang Melalui Peluncuran TIGGO 9 CSH AWD
Siaran Pers
25 September 2025

Chery Meriahkan Rangkaian GIIAS 2025, Perkuat Segmen Premium SUV di Kota Semarang Melalui Peluncuran TIGGO 9 CSH AWD

Semarang, 24 September 2025 – PT Chery Sales Indonesia (CSI) kembali menegaskan komitmennya dalam menghadirkan mobilitas inovatif dan berkualitas bagi masyarakat Indonesia, melalui partisipasinya di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Semarang 2025 yang berlangsung pada 24–28 September di Muladi Dome, Kampus Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Melalui partisipasinya dalam pameran otomotif terbesar di Jawa Tengah ini, jadi momentum bagi Chery untuk melanjutkan perkenalan TIGGO 9 CSH AWD sebagai SUV Premium tujuh penumpang terbaru, sekaligus menampilkan jajaran produk berteknologi Chery Super Hybrid (CSH) lainnya yang telah mendapat sambutan positif di Tanah Air, seperti Chery TIGGO 8 CSH dan Chery TIGGO Cross CSH. 

Semarang dan Jawa Tengah memainkan peran strategis dalam strategi bisnis Chery di tanah air. Kota yang dijuluki "Venetie van Java" ini merupakan salah satu kontributor terbesar terhadap penjualan Chery di luar Jabodetabek dengan sumbangsih mencapai 8%. Masyarakatnya juga memiliki karakter yang dinamis, modern, dan adaptif terhadap teknologi terbaru membuat kebutuhan mobilitas di wilayah ini sangat beragam, mulai dari kendaraan keluarga yang nyaman hingga SUV berteknologi tinggi. Sebagai bentuk apresiasi dan respons terhadap kebutuhan tersebut, Chery TIGGO 9 CSH AWD hadir di GIIAS Semarang 2025 dengan harga yang kompetitif Rp 730.900.000 (OTR Semarang).

"Kami sangat antusias dapat kembali hadir di GIIAS Semarang 2025 untuk memperkenalkan Chery TIGGO 9 CSH AWD sebagai SUV flagship terbaru kami kepada publik di Jawa Tengah. Wilayah ini telah terbukti menjadi salah satu pasar strategis dan penuh potensi dalam perkembangan Chery di Indonesia. Kehadiran Chery TIGGO 9 CSH AWD adalah wujud komitmen berkelanjutan kami untuk tumbuh bersama konsumen melalui inovasi teknologi, peningkatan kenyamanan, serta efisiensi berkendara yang relevan bagi kebutuhan keluarga modern. GIIAS Semarang 2025 juga menjadi momentum penting bagi kami untuk mempererat koneksi dengan konsumen lokal, mendengarkan aspirasi pasar, dan memperluas akses terhadap ragam SUV premium kami," tutur Rifkie Setiawan, Head of Brand & Marketing Department PT Chery Sales Indonesia.

Selain menempatkan Chery TIGGO 9 CSH AWD sebagai bintang pameran di GIIAS Semarang 2025, Chery juga membawa 6 unit test drive dari berbagai lini SUV premium yang dipasarkan di Indonesia. Pengunjung bisa mencoba langsung performa, kenyamanan, dan fitur unggulan yang dimiliki setiap model sehingga keputusan pemesanan bisa dibuat lebih matang berdasarkan pengalaman nyata. Lebih dari itu, booth Chery di GIIAS Semarang 2025 juga dirancang lebih luas menjadi 187 m² atau naik 17% dibanding tahun lalu. Sehingga menciptakan ruang yang lebih lapang dan interaktif untuk menampilkan produk, melakukan demonstrasi, serta berkonsultasi langsung dengan tim Chery mengenai spesifikasi, opsi pembiayaan, dan layanan purna jual.

Komitmen Jangka Panjang Lewat Produksi Lokal dan Kepercayaan Global

Sebagai bukti nyata dalam mendukung dan menumbuhkan daya saing industri otomotif nasional, Chery TIGGO 9 CSH AWD sudah diproduksi secara lokal (Completely Knocked Down/CKD) yang dilakukan oleh tenaga-tenaga ahli dalam negeri di fasilitas pabrik PT Handal Indonesia Motor yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. Langkah ini mempertegas visi Chery untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi utama dan pusat ekspor kendaraan setir kanan di kawasan regional. Inisiatif tersebut sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional, membuka lapangan kerja baru, mendorong transfer teknologi, dan meningkatkan volume ekspor.

Optimisme Chery juga didukung oleh serangkaian pencapaian gemilang di tingkat global yang menjadi validasi atas kualitas dan inovasi produk. Tahun ini, Chery Group meraih posisi puncak dalam studi Automotive Performance, Execution and Layout (APPEAL) 2025 yang dirilis oleh J.D. Power di China. Dengan skor impresif 760 poin, Chery menempati peringkat pertama untuk merek independen China dan posisi kedua untuk pasar kendaraan mainstream. Prestasi ini melesatkan Chery dari posisi kelima pada tahun sebelumnya. 

Kualitas yang diakui oleh pasar global ini tercermin pada kinerja pasar yang fenomenal. Pada paruh pertama 2025 Chery berhasil mengekspor 550.000 unit kendaraan atau setara dengan satu mobil dikirim setiap 29 detik ke pasar global. Pencapaian ini tidak hanya memperpanjang rekor Chery sebagai eksportir mobil No. 1 di China selama 22 tahun berturut-turut, namun juga menegaskan kepemimpinannya dalam transisi menuju mobilitas berkelanjutan melalui lonjakan penjualan kendaraan energi baru (NEV) sebesar 98,6%.

Kunjungi booth Chery di GIIAS Semarang 2025 dari tanggal 24 hingga 28 September 2025 untuk melihat dan merasakan langsung semua keunggulan dari Chery TIGGO Cross CSH Hybrid, TIGGO Cross Sport 1.5T dan kemewahan Chery TIGGO 9 CSH AWD. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Chery di www.chery.co.id atau ikuti akun media sosial resmi di Instagram dan TikTok @cherymotorindonesia.

Baca Selengkapnya
Chery Resmikan Jaringan Dealer ke-56 di Kawasan PIK 2, Perkuat Komitmen Layanan dan Kesiapan Era Elektrifikasi
Siaran Pers
17 September 2025

Chery Resmikan Jaringan Dealer ke-56 di Kawasan PIK 2, Perkuat Komitmen Layanan dan Kesiapan Era Elektrifikasi

Jakarta, 16 September 2025 – PT Chery Sales Indonesia (CSI) bekerja sama dengan Arta Group, secara resmi membuka dealer ke-56 di kawasan strategis Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2), Kabupaten Tangerang, Banten. Peresmian dealer dengan fasilitas lengkap 3S (Sales, Service, Sparepart) ini merupakan bagian dari strategi ekspansi agresif Chery untuk menjawab permintaan pasar yang terus meningkat dan memperkuat posisinya di segmen SUV premium, khususnya di wilayah penyangga Daerah Khusus Jakarta.

Langkah strategis ini didasari oleh pertumbuhan penjualan Chery yang sangat signifikan. Berdasarkan data retail sales dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Chery berhasil membukukan penjualan sebanyak retail sales 13.002 unit selama periode Januari hingga Agustus 2025.

"Permintaan dan populasi pengguna kendaraan Chery menunjukkan tren pertumbuhan yang sangat positif, terutama di area satelit Jakarta seperti Tangerang. Peresmian Chery Arta PIK 2 adalah jawaban kami atas kepercayaan tersebut. Kolaborasi dengan Arta Group di lokasi premium ini kami yakini akan memperkuat jangkauan kami, sekaligus menegaskan komitmen untuk menyediakan layanan purna jual terbaik dan kemudahan akses suku cadang bagi seluruh Chery Family di Indonesia," tutur Rifkie Setiawan, Head of Brand & Marketing PT Chery Sales Indonesia. 

Dealer Chery Arta PIK 2 berlokasi di Pitstop Automall, sebuah pusat otomotif terpadu di kawasan elit PIK 2 yang dikenal sebagai pusat bisnis, hunian mewah, dan destinasi wisata. Dibangun di atas lahan seluas 972 m² dengan luas bangunan 790 m², dealer ini mengusung desain visual terbaru Chery yang modern dan atraktif. Dealer Chery Arta PIK 2 pun dirancang untuk memberikan pengalaman premium dan menyeluruh bagi pelanggan, dengan mengintegrasikan layanan 3S lengkap di bawah satu atap. Area bengkel didukung oleh peralatan modern dan dioperasikan oleh para teknisi yang telah tersertifikasi secara resmi oleh Chery. Para pelanggan dapat bersantai di ruang tunggu eksklusif yang nyaman, sementara fasilitas area bermain anak (kids corner) juga disediakan untuk kenyamanan keluarga sembari menunggu kendaraan diservis. Bagi calon konsumen yang ingin merasakan langsung keunggulan produk, jajaran unit test drive lengkap juga telah disiapkan untuk semua lini produk Chery.

Menjawab antusiasme pasar terhadap kendaraan elektrifikasi, Dealer Chery Arta PIK 2 juga telah terotorisasi penuh untuk melayani perawatan dan purna jual kendaraan listrik, seperti Chery E5 dan Chery J6. Dengan dukungan fasilitas teknis khusus serta tenaga ahli bersertifikasi, dealer ini menjamin pelayanan yang presisi dan aman bagi para pemilik mobil listrik Chery. Komitmen Chery terhadap kualitas dan inovasi ini pun telah mendapatkan pengakuan luas dari industri otomotif, yang dibuktikan melalui raihan berbagai penghargaan bergengsi seperti Favorite Hybrid Vehicle untuk Chery TIGGO Cross CSH Hybrid di ajang GIIAS 2025, Most Affordable Crossover untuk Chery TIGGO Cross, hingga Best EV SUV yang disematkan pada Chery J6 pada ajang IIMS 2025.

Baca Selengkapnya
Chery J6 Modification Contest 2025 Kembali Digelar, Hadiah Spektakuler Menanti
Siaran Pers
15 September 2025

Chery J6 Modification Contest 2025 Kembali Digelar, Hadiah Spektakuler Menanti

Jakarta, 13 September 2025 – Chery J6 terus memperkuat posisinya sebagai SUV listrik modern dengan konsep Fashion Cube-box design yang futuristis, sekaligus menghadirkan ruang ekspresi bagi para pemiliknya dalam melakukan modifikasi. Untuk mewadahi potensi tersebut, PT Chery Sales Indonesia (CSI) secara resmi memperpanjang Chery J6 Modification Contest; Unleash the Unexpected 2025 hingga 15 September mendatang. Terdapat dua kategori yang dapat diikuti, J6 Real Modification Contest, kompetisi modifikasi khusus bagi pemilik J6, dan J6 Digimodz Challenge, kontes desain digital yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat umum.

Kompetisi akbar ini dirancang sebagai wadah untuk menguji dan menampilkan kreativitas modifikasi dalam berbagai gaya, mulai dari elegant, sporty, off-road look, hingga street racing. Seluruh peserta berkesempatan untuk meraih hadiah dengan total lebih dari Rp 150 juta, kesempatan eksklusif untuk perjalanan ke China, publikasi karya secara luas, serta berbagai hadiah menarik lainnya.  Bagi J6 yang memenangkan kompetisi ini akan dianugerahkan gelar juara pada acara besar J6 Festival yang akan diselenggarakan pada akhir bulan ini. Selain itu, pemenang juga akan mendapatkan kesempatan untuk memajang mobil tersebut pada kesempatan ini.

Pada J6 Real Modification Contest, peserta wajib menggunakan foto orisinil, di mana  diharapkan foto yang diunggah merupakan perwujudan interpretasi unik dan segar. Terkait eksteriorpara peserta dapat menunjukkan pemilihan cat baru atau wrapping dengan warna-warna bold dan eye-catching, sehingga J6 terlihat lebih sporty dan stylish. Modifikasi J6 yang dilakukan oleh peserta dengan serangkaian aksesori off-road yang menjadikan J6 tampil tangguh serta siap menjelajah berbagai medan. Modifikasi fitur unggulan J6 sebagai sumber listrik mobile juga dilakukan oleh salah satu peserta, di mana fungsi ini, pengguna bisa mengisi daya perangkat kapan pun dan di mana pun, membuat J6 cocok untuk aktivitas outdoorcamping, hingga perjalanan jarak jauh. Peserta lainnya juga berfokus pada kenyamanan, seperti hasil modifikasi kursi baris kedua agar perjalanan panjang semakin rileks dan menyenangkan.

Rentang gaya yang ditampilkan sungguh beragam, mulai dari city trend yang modern, urban off-road yang dinamis, overlanding yang penuh petualangan, hingga tampilan minimalis yang elegan. Semua ini membuktikan bahwa J6 bukan hanya kendaraan serbaguna, tetapi juga kanvas kreativitas yang memberi ruang luas bagi penggunanya untuk berkreasi. Sejalan dengan semangat inovasi ini, Chery juga terus berupaya dalam mengembangkan berbagai produk otomotif ramah lingkungan, termasuk PHEV dan EV, untuk menghadirkan lebih banyak pilihan kendaraan yang mendukung ekosistem berkelanjutan. Melalui pengembangan ini, Chery berkomitmen menghadirkan mobil yang terhubung dengan kehidupan sehari-hari, sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, praktis, dan modern.

"Chery J6 lahir dari filosofi desain yang mengedepankan fungsionalitas sekaligus gaya. Kami melihat potensi luar biasa pada SUV listrik berkemampuan off-road ini untuk menjadi kanvas ekspresi bagi para pemiliknya. Melalui kedua ajang kompetisi ini, kami ingin menginspirasi para pengguna maupun pegiat otomotif untuk menampilkan interpretasi terbaik mereka. Kami sangat antusias menyaksikan bagaimana kreativitas para peserta akan menghadirkan transformasi Chery J6 menjadi kendaraan yang lebih keren, stylish, dan penuh karakter," ujar Rifkie Setiawan, Head of Brand & Marketing Department PT Chery Sales Indonesia.

Sebagai ruang eksplorasi bagi para desainer dan pecinta otomotif di seluruh Indonesia, Chery juga menghadirkan kategori J6 Digimodz Challenge. Para peserta ditantang untuk menghasilkan desain orisinal dalam format 2D yang inspiratif, realistis, dan sesuai dengan tema yang ditetapkan. Karya terbaik berkesempatan meraih hadiah menarik, sertifikat, serta publikasi eksklusif, dengan puncak penghargaan yang akan digelar di acara J6 Fest.

Kategori J6 Digimodz Challenge bukan hanya sekedar kompetisi, namun menjadi langkah strategis Chery untuk memperkuat citra SUV listrik dengan Fashion Cube-box Design ini sebagai platform modifikasi yang potensial, stylish, dan relevan bagi generasi muda serta komunitas otomotif kreatif. Melalui pendekatan yang interaktif, Chery berkomitmen menggali potensi desainer lokal, memperkuat keterlibatan di media sosial, sekaligus menegaskan posisinya sebagai merek yang mendukung inovasi, kreativitas, dan gaya hidup otomotif masa kini.

"Chery sangat menantikan kreativitas para peserta dalam menginterpretasikan Chery J6 melalui berbagai gaya modifikasi. Mulai dari sentuhan cat baru atau wrapping untuk tampilan sporty, hingga penambahan roof rack dan aksesori fungsional yang menegaskan karakter tangguh J6 untuk off-road maupun overlanding. Keunggulan fitur V2L (Vehicle-to-Load) sebagai sumber listrik mobile juga membuka peluang modifikasi fungsional untuk mendukung aktivitas luar ruang. Dari gaya urban yang trendi hingga desain minimalis, setiap peserta memiliki kesempatan untuk menampilkan karya terbaiknya," tambah Rifkie.

Menambah bobot penilaian dan kredibilitas kompetisi, Chery turut menggandeng Revy Vamella (@vamells), seorang drifter profesional sekaligus kreator konten otomotif ternama di Indonesia, sebagai salah satu juri. Kehadiran Vamells diharapkan dapat memberikan perspektif profesional yang segar dalam menilai kreativitas dan kualitas karya para peserta.

Chery J6 Modification Contest 2025 digelar sebagai wujud apresiasi terhadap kreativitas para pemilik Chery J6 di Tanah Air. Ajang ini menjadi ruang kompetisi bagi mereka yang telah merealisasikan ide modifikasi pada kendaraan miliknya secara nyata. Setiap peserta diwajibkan mengunggah foto atau video hasil modifikasi Chery J6 melalui Instagram dengan menyertakan tagar #CheryJ6ModificationContest serta menandai akun resmi @cherymotorindonesia, @nmaa_ind, dan @wcwl.id. Untuk memastikan akses informasi terbaru, peserta juga perlu mengikuti akun-akun resmi tersebut sebelum berkompetisi.

Baca Selengkapnya

Pengaturan Preferensi Privasi

Chery Indonesia menggunakan cookie untuk memastikan fungsi situs web kami berfungsi dengan baik dan terus meningkatkan pengalaman Anda. Kami juga mempersonalisasi fungsi-fungsi pemasaran dan iklan berdasarkan preferensi Anda, yang mungkin terhubung denggan pihak ketiga. Bermitra dengan para pelaku industri, kami berbagi data cookie untuk menyempurnakan layanan kami. Selain itu, cookie kami juga menyimpan peferensi pengaturan Anda, menganalisa lalu lintas situs, dan memantau aktivitas penelusuran. Mohon menjau Pemberitahuan Cookie kami yang komprehensif untuk mengetahui lebih dalam tentang penggunaan cookie kami. Anda juga dapat mengatur preferensi Cookie dengan mengeklik tombol Pengaturan Cookie di bawah ini.